Thursday, February 16, 2023

Anakku Gifted: Karya dan Publikasi (1)

 SI 'HIPERAKTIF' ITU

Usai berguru kesana kemari dan mencoba berbagai macam device, ayahnya memberi tantangan yang lebih serius. Basic pendidikan suami yang elektronika, tentu ide-idenya tidak jauh dari sana. Bapak dan anak ini kemudian menjadi begitu klik.  

" Kita bikin alat ya, Nif. Bapak ajari kamu merakit dan menyolder "

" Maksudnya alat yang menggunakan mikrokontroler, pak?"

" Ya. Kamu nanti yang memrogram"

Percobaan pun dimulai. Komponen dirakit dan disolder. Ketika kecil Hanif dianggap sulit fokus dan hiperaktif. Dulu tatapan matanya tampak mengawang dan tidak peduli dengan sekitar. Fokusnya mudah beralih dan selalu bergerak seperti penyandang ADHD (Attention Deficit And Hyperactivity Disorder). Orang Jawa bilang 'pethakilan'. Kini tampaklah kreativitas dan komitmennya yang tinggi terhadap tugas. (Ingat The Three Ring Conception of Giftedness dari Renzulli)

Ada perbedaan mendasar antara perilaku Anak Gifted dengan ADHD. Pada anak penyandang ADHD, perilaku hiperaktifnya tampak tanpa tujuan dan sulit dikendalikan, sehingga kadang harus membutuhkan obat dari psikiater. 

Perilaku Anak Gifted lebih tampak sebagai keinginan eksplorasi yang sangat tinggi. Meskipun tampaknya mengganggu, jika diperhatikan lebih teliti ternyata mereka sedang melakukan pengamatan yang luar biasa. Kipas angin yang diotak atik, dinyala matikan, dikasih kertas di depannya, dimasuki batang sapu lidi sehingga berbunyi .......krokkk ....... krokkk. Pesawat telepon yang diangkat, didengarkan, ditekan-tekan, ditutup, diangkat lagi, didengarkan lagi dan berulang sampai puluhan kali. Payung yang dibuka, diputar-putar, ditelentangkan, dinaiki sampai patah bahkan kadang diisi air seperti kolam bebek.  Seluruh benda di rumah yang dipukul-pukul bergantian mengeluarkan aneka macam suara. 

Suatu kali Hanif kecil tampak sibuk mondar mandir dari satu tempat ke meja tamu. Belasan kali. Sebagai ibu tentu penasaran kenapa si anak mondar mandir bahkan tidak merespon ketika dipanggil. Aku memperhatikan lebih seksama. Aku tertawa hampir tebahak dan memanggil suami untuk ikut melihat. 

"Lihat, bapak. Siapa yang ditiru Hanif?"

Aku dan suami melihat Hanif seperti membuka pintu di dekat meja tamu, kemudian dia seakan memencet-mencet tombol di meja, kemudian tangannya seperti mengambil sesuatu, kemudian memasukkanya ke saku celama, kemudian dia seperti mengambil lagi sesuatu, kemudian seperti membuka pintu kembali dan keluar.

" Hahaha, dia meniru aku ambil uang di ATM." Suami menyadari kelucuannya. Padahal saat itu baru sekali dia diajak ayahnya ke ATM. 

Pernah juga Hanif tiba-tiba freeze. Tidak bergerak samasekali. berdiri tegak di jalan depan rumah. Aku mengajaknya masuk rumah, dia menolak hebat. Aku rengkuh, dia bergeming. Kesal. Apa maksudnya si anak. Aku lantas memperhatikan dengan seksama. Di tangannya Hanif memegang sebuah sisir yang dipegang tegak. Dua meter di hadapannya, sebuah mobil-mobilan berwarna merah mirip Ferrari. Sebatang sapu lidi menjulang di bagian belakang 'Ferrari' itu. Masya Allah, aku baru menyadari ketika cara dia memegang sisir seperti memegang remote control, dan sapu lidi yang menjulang itu seperti antena RC. 

Penyandang ADHD mungkin akan terus bergerak tanpa bisa berfokus pada satu hal, tetapi Anak Gifted pada hal-hal yang menarik baginya, dia akan sangat berfokus. Seperti saat Hanif membuat coding atau merakit komponen. Sebelum target yang dia buat selesai, maka dia akan terus bekerja dan fokus.

"Bapak dan Hanif semalam pulang jam berapa dari toko?"

"Jam 1 malam." Uh, pantaslah aku tidak tahu. Sudah kutunggu sejak jam 9 yang seharusnya waktu tutup toko. Kebetulan malam itu Hanif ikut ayahnya untuk mengerjakan proyek.

" Ngerjakan apa sih? Sampai tengah malam gitu"

" Ya biasalah Hanif. Kalau belum selesai dia tidak akan berhenti. Diajak pulang ya tidak mau. Sempat frustrasi dan marah-marah"

" Kenapa?"

" Mleduk. Konslet. Harus beli komponen baru. Akhirnya mau pulang" 

Kalau tidak fokus dan memiliki komitmen pada tugas, siapakah yang mau mengerjakan sesuatu sampai lewat tengah malam?  Karya yang dibuat Hanif dapat dilihat di sini


Karya dan Publikasi (Bagian 2)




No comments:

Post a Comment

LOGO IDI

LOGO IDI

LOGO PEMDA GRESIK

LOGO PEMDA GRESIK